KEGIATAN GOTONG ROYONG TAHUN 2012


Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, Pemerintah Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Gotong royong di tingkat desa. Sebagai permulaan, pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada Tahun 2012 tepatnya pada bulan Desember di 3 (tiga) desa sasaran yaitu Desa Nazalou Alo’oa, Desa Lololawa dan Desa Niko’otano Dao sesuai dengan yang termuat dalam DPA SKPD Kantor Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Tahun Anggaran 2012.

a)    Dasar Pelaksanaan

Dalam rangka kelancaran pelaksanaan kegiatan, maka ditetapkan Panitia Pengendali Pelaksanaan Kegiatan melalui Surat Keputusan Camat Gunungsitoli Alo’oa Nomor 411/27/GS-AL/2012 tanggal 12 September 2012 dengan melibatkan Unsur Muspika dan Kepala Unit Kerja se Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa. Menindaklanjuti SK tersebut, maka dimulailah tahapan pelaksanaan kegiatan yang dimulai dengan Tahapan Survey, Sosialisasi, Pematokan dan Pelaksanaan Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Camat Gunungsitoli Alo’oa pada tanggal 11 Desember 2012 yang dipusatkan di Desa Nazalou Alo’oa.

b)    Tujuan Pelaksanaan

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan gotong royong tersebut adalah :

a)   Meningkatkan dan melibatkan masyarakat dalam membangun desa

b)  Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran serta mereka dalam pembangunan

c)   Meningkatkan infrastruktur jalan bagi masyarakat yang masih terisolir dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

c)     Bentuk dan Sasaran Kegiatan

Setelah panitia pengendali melaksanakan tahapan kegiatan, maka ditetapkan lokasi kegiatan di masing-masing desa sasaran melalui Surat Keputusan Camat Gunungsitoli Alo’oa Nomor 411/28/GS-AL/2012 tanggal 04 Desember 2012 tentang Penetapan lokasi kegiatan gotong royong  sebagai berikut :

a)        Desa Nazalou Alo’oa :

  • Pembukaan Jalan baru pada Ruas Jalan Dusun II dhi. dimulai dari Balai pertemuan Desa Nazalou Alo’oa menuju Kantor Kecamatan Gununungsitoli Alo’oa sepanjang 375 Meter.
  • Pembukaan Jalan baru pada Ruas Jalan dari Simpang Dusun I menuju Sungai Olora Dhi. Dimulai dari Simpang Rumah Ama Epi Laoli sepanjang 625 Meter.

b)     Desa Niko’otano Dao :

  • Pembukaan Jalan baru pada Ruas Jalan Dusun I menuju Desa Loloana’a Lolomoyo dhi. Sungai Zawa-Zawa sepanjang 850 Meter

c)      Desa Lololawa

  • Pembukaan Jalan baru pada Ruas Jalan Dususn II Desa Lololawa dimulai dari  Ujung Jalan PNPM Mandiri TA. 2012 menuju Desa Orahili Tanose’o Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa sepanjang 750 Meter

 d)    Jalannya Kegiatan

Setelah penetapan lokasi kegiatan, maka dimulailah pelaksanaan kegiatan gotong royong di masing-masing lokasi kegiatan dan dimulai secara resmi pada tanggal 11 Desember 2012. Antusiasme masyarakat sangat tinggi dibuktikan dengan jumlah kehadiran dan keikutsertaan mereka dalam kegiatan gotongroyong. Kehadiran masyarakat di masing-masing lokasi  ± 125 orang/hari walaupun mereka bekerja tanpa imbalan selama tiga hari (kecuali di Desa Nazalou Alo’oa dilaksanakan selama 4 empat hari kerja).

Lancarnya pelaksanaan kegiatan ini juga tidak terlepas dari peran serta Unsur Muspika Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa yang dimotori langsung oleh Kapolsek Gunungsitoli Alo’oa, DANRAMIL 01 Gunungsitoli, dan Danposramil Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa yang tetap melibatkan diri dalam pelaksanaan kegiatan gotong royong. Selain itu, Aparat Desa dan Panitia Pelaksana di tingkat desa juga gencar memberikan pemahaman dan motivasi kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam membangun desa.

e)    Hasil Kegiatan

Pada tanggal 14 Desember 2012 maka berakhirlah pelaksanaan kegiatan gotong royong di masing-masing lokasi dengan hasil sebagai berikut :

a)     Terbukanya Ruas Jalan Dusun II dhi. dimulai dari Balai pertemuan Desa Nazalou Alo’oa menuju Kantor Kecamatan Gununungsitoli Alo’oa sepanjang 375 Meter dengan lebar 5 meter dan terbentuknya parit di kedua sisi jalan serta bisa dilalui kendaraan roda empat.

b)     Terbukanya Ruas Jalan dari Simpang Dusun I menuju Sungai Olora Dhi. Dimulai dari Simpang Rumah Ama Epi Laoli sepanjang 625 Meter dengan lebar 5 meter dan terbentuknya parit di kedua sisi jalan serta bisa dilalui kendaraan roda empat

c)      Terbukanya Ruas Jalan Dusun I menuju Desa Loloana’a Lolomoyo dhi. Sungai Zawa-Zawa sepanjang 850 Meter dengan lebar 5 meter dan terbentuknya parit di kedua sisi jalan serta bisa dilalui kendaraan roda empat.

d)     Terbukanya Ruas Jalan Dususn II Desa Lololawa dimulai dari  Ujung Jalan PNPM Mandiri TA. 2012 menuju Desa Orahili Tanose’o Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa sepanjang 750 Meter dengan lebar 5 meter dan terbentuknya parit di kedua sisi jalan serta bisa dilalui kendaraan roda empat.

Tentang nazaloualooa

Memberikan Informasi Kepada Masyarakat Lebih Elok Dari Pada Menyembunyikan.
Pos ini dipublikasikan di KEGIATAN. Tandai permalink.

3 Balasan ke KEGIATAN GOTONG ROYONG TAHUN 2012

  1. Ana Zendrato berkata:

    Sukses terus Alo’oa…

  2. Jhon Zega berkata:

    Luar Biasa, program yang menyentuh masyarakat. Tingkatkan..

  3. ododogo laoli berkata:

    Terima kasih atas partisipasi masyarakat desa nazalou alo’oa semoga jaya terus kec.alo’oa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s